Mengenal Nama Nama Gamelan Jawa

Mengenal Seperangkat Alat Musik Gamelan Jawa



nama nama gamelan jawa,alat gamelan jawa,gong gamelan jawa,fungsi alat gamelan jawa

TemanBerbagi.Com – Gamelan merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang seharusnya tetap dilestarikan, agar tidak tergerus oleh jaman serba teknologi saat ini. Agar generasi mendatangkan tetap bisa menikmati suara khas dari gamelan. Ada pepatah tak kenal maka tak sayang, mungkin itu sebabnya banyak orang kurang begitu melirik gamelan karena belum benar-benar mengenalnya. Baik! Kalau begitu, pada artikel kali ini kami akan memperkenalkan sekilas mengenai seperangkat gamelan Jawa yang terdiri dari beberapa alat berikut:

1. Suling

Bahan dari bambu dan termasuk alat musik tiup. Ciri-cirinya terdapat lubang yang memiliki fungsi untuk menetukan nada atau laras. Suling di tradisi karawitan ada 2 jenis yaitu suling yang berlaras Slendro terdapat 4 lubang dengan jarak hampir sama, satunya lagi yang berlaras Pelog memiliki 5 lubang dengan jarak beda.

2. Gong

Keadaan gong pastinya menggantung berposisi vertical. Gong bisa dibedakan menjadi 3 yaitu gong siyem, gong suwukan dan gong gedhe. Cara membunyikannya dengan ditabuh pada bagian tengah bundaran (pencu) menggunakan tabuh bundar lapisan kain.

3. Kendang

Alat music ini dimainkan dengan cara pukul pada kedua sisinya. Memiliki fungsi sebagai penentu ritme disetiap permainan gamelan, jadi merupakan salah satu yang penting.

4. Bonang

Alat music yang satu ini terbuat dari kuningan, besi dan perunggu. Bonang terbagi menjadi dua jenis yaitu bonang barung dan bonang penerus, perbedaanya hanya pada ukuran Cara membunyikan dengan dipukul menggunakan kayu yang dililit kain pada ujungnya.

5. Saron

Dalam permainan gamelan, saron memiliki fungsi sebagai pengisi melodi utama dan memainkannya dengan cara dipukul menggunakan pukulan yang terbuat dari kayu.

6. Demung

Fungsi dan bentuknya sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Saron hanya berbeda satu oktaf lebih rendah dari Saron dan suaranya lebih keras. Pemukulnya juga lebih besar dari Saron.

7. Slenthem

Fungsinya sama dengan Saron sebagai pemegang melodi yang ada pada gamelan. Tapi, tetap berbeda warna suara dan tinggi nadanya yang satu oktaf lebih rendah dari alat musik demung.
Mungkin segitu dulu saja perangkat gamelan jawa yang kami kenalkan dalam artikel ini, sebenarnya masih ada beberapa macam lagi perangkat gamelan.

Semoga dapat bermanfaat  artikel kali ini mengenai Seperangkat Alat Musik Gamelan Jawa. Mari tetap lesatarikan budaya Indonesia yang sebenarnya memiliki banyak warna dan menarik untuk dipelajari.

Baca Juga: Sejarah Kucing Persia Yang Menarik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Nama Nama Gamelan Jawa"

Post a Comment