Jenis Rakel Sablon dan Fungsinya

Macam-macam Jenis Rakel Sablon Beserta Kegunaanya

Jenis rakel sablon,fungsi rakel,perbedaan rakel sablon,belajar sablon


Jenis Rakel Sablon – Jika kamu ingin terjun di bidang sablon harus tau alat satu ini, namanya rakel. Merupakan alat yang memiliki fungsi untuk menekan tinta atau cat yang berada di screen agar bisa berpindah ke media sablon seperti kain, spanduk dan kartu nama. Maupun memiliki fungsi sama tapi jenis rakel sablon memiliki kegunaan berbeda-beda tergantung dari hasil cetak yang diinginkan. Pada artikel kali ini kami akan membahasnya. Langsung saja simak baik-baik dan siapkan cemilan kalau perlu agar bisa konsentrasi kalau sudah makan.

1. Jenis Rakel Lancip

Memiliki ciri berbentuk lancip ini berfungsi agar tinta bisa masuk lebih banyak. Rakel jenis ini biasanya untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih detail dan dapat untuk mencetak dengan hasil yang tipis.

2. Jenis Rakel Lancip Dengan Ujung Datar

Yang satu ini sebenarnya hampir sama dengan rakel lancip hanya berbeda pada ujungnya tidak runcing, tapi sedikit tumpul. Memiliki fungsi untuk memberikan hasil tinta lebih banyak ke media sablon yang dibuat. Cocok untuk hasil tebal dan blok.

3.  Jenis Rakel Tumpul

Jenis yang ini memiliki ciri khas dengan bentuk dua sudut tumpul. Menjadikan dapat menyapu tinta sablon lebih banyak dan sangat cocok sekali digunakan untuk media kaos, selimut dan spanduk.

4. Jenis Rakel Kotak

Memiliki bentuk datar dengan sudut lancip pada kedua pinggirnya. Jenis rakel satu ini biasanya digunakan di media kertas yang memiliki tekstur kasar


5. Jenis Rakel Miring

Satu ini memiliki bentuk miring dan ujungnya terdapat bentuk lancip. Jenis ini menghasilkan tinta ke media menjadi lebih sedikit,  cocok untuk membuat sablon pada plastic.

6. Jenis Rakel Bulat

Mampu untuk menghasilkan tinta tebal dan lumayan banyak. Memiliku ujung bulat yang biasanya rakel jenis ini digunakan untuk membuat rambu-rambu jalan dan sesuatu yang menyala.


Jadi sebenarnya semua rakel memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menekan screen agar tinta sampai ke media. Tapi, hanya ketika mengaplikasikannya saja berbeda tergantung jenisnya karena akan menghasilkan berbeda-beda tergantung dari rakel kamu gunakan untuk mendapatkan hasil lebih maksimal. Jadi sekian dulu artikel dari kami mengenai Macam-macam Jenis Rakel Sablon Beserta Kegunaanya. Semoga dapat bermanfaat, saran coba satu persatu agar kamu bisa merasakan bedanya dan lebih mengerti.

Semangat, jangan berhenti untuk terus belajar. Ohya, baca juga Cara mengatasi Blue Screen bisa menjadi salah satu bacaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Rakel Sablon dan Fungsinya"

Post a Comment