Penyebab Komputer Mati Total atau Crash

Cara Memperbaiki dan Penyebab Komputer Mati Total

Penyebab Komputer Mati Total atau Crash
Penyebab Komputer Mati Total atau Crash- Pastilah repot ketika komputer yang sering digunakan tiba-tiba menjadi lemot lalu hang dan mati total. Apalagi orang yang tidak mengerti IT apalagi pemula seperti saya ini pastilah akan kebingungan. Tapi tenang dalam artikel kali ini saya akan memberikan cara meganalisa penyebab komputer mati total atau crash, jadi kalian bisa membetulkannya lebih terarah. Kawatirnya nanti yang rusak power suply malah dibelikan LED malah repot.

Memang banyak sekali penyebab komputer tiba-tiba mati total, jadi haruslah kita mendiagnosanya dan cek satu persatu, tidak bisa asal prediksi. Mari, berikut ini yang harus kita perhatikan.

Penyebab Komputer Mati Total atau Crash

  • Power Supply

Cek dahulu power supply komputer kalian dengan cara membuka sebagian casing, lihat apa menyala dan berfungsi dengan baik seperti terlihat lampu indikator yang berada pada motherboard menyala, kipas masih berputar ketika dinyalakan. Jika itu masih berfungsi berarti kemungkinan besar kerusakan bukan pada hardware ini.

  • Monitor

Coba cek kabel yang ada pada layar monitor kalian, bisa jadi longgar atau copot. Bisa coba dengan cara lain yaitu meminjam dan mencobanya dengan yang berfungsi normal. Jika semuanya sama saja tidak ada perubahan berarti bukan pada monitor.

  • RAM

Bisa jadi pada komponen motherboard yaitu RAM, coba kalian copot terlebih dahulu, kemudian bersihkan dengan penghapus secara perlahan jangan sampai merusak kaki tembaganya. Jika sudah pasang kembali pada posisinya tadi dengan benar sampai berbunyi klik. Coba hidupkan kembali, jika masih mati total coba cara ke 4.

  • Procesor dan Motherboard

Masih belum ketemu juga penyebab komputer mati total atau crash? Ini cara yang biasanya aku lakukan untuk cek normal tidak motherboard dan procesor yaitu dengan copot RAM kemudian dihidupkan, jika terdengar suara bip berulang kali berarti masih normal. Jika tidak ada tanda-tanda kehidupan bisa kemungkinan motherboard atau procesor kalian rusak. Tapi jangan cepat-cepat beli baru, bisa kalian coba pinjam dari teman jika punya seri sama.

Oke itulah sekilas penyebab komputer mati total atau crash semoga bermanfaat dan membatu kalian untuk membenahi komputer.

Baca Juga: Cara Membuat Privacy Policy untuk Blog

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Komputer Mati Total atau Crash"

Post a Comment