Kelebihan, Kekurangan dan Pengertian LAN

Kelebihan, Kekurangan dan Pengertian LAN


TemanBerbagi.com - Local Area Network atau disingkat LAN merupakan jaringan komputer yang menghubungkan dua komputer atau lebih. Memiliki cakupan kecil dan jarak yang terbatas. Antar komputer menjadi terhubung satu network secara logika atau fisik.


Hanya dibatasi satu jenis media implementasi yang digunakan pada jaringan LAN, oleh karena itu membuat terbatasnya lingkup dari Local Area Network yang radiusnya maksimal sejauh dari media tersebut.


Biasanya hanya digunakan untuk jaringan komputer lokal saja seperti di kantor, kampus, perumahan, warnet dll. Pada umumnya sekarang LAN memakai teknologi berdasar standart IEEE 802.11 Wi-Fi atau IEEE 802.3 Ethernet switch yang banyak berjalan di kecepatan 10, 100, atau 1000 Mbps (Gigabit Ethernet).


Pada artikel kali ini akan membahas mengenai kelebihan, kekurangan dan pengertian dari Local Area Network. Pasti tidak ada sesuatu yang sempurna. Maka dari itu semua bagaimana pintar-pintarnya menyiasati kekurangan itu menjadi sebuah kelebihan. Sebelumnya mari cari tau mengenai Local Area Network (LAN)


Kelebihan dan kekurangan Local Area Network (LAN)


Kelebihan

- Mengiriman data lebih cepat antar komputer

- IP hanya sampai di switch kemudian router yang menghubungkan dengan IP Publik.

- Membuat efisiensi kerja lebih produktif sekaligus lebih efektif juga.

- Memangkas penggunaan kabel, jika dibandingkan dengan connect one by one.

- Tidak memerlukan jaringan internet untuk terhubung dari komputer satu dengan lainnya yang dapat menghemat pengeluaran.


Kekurangan

- Luas cakupan sempit

- Rentan terkena virus jika salah satu PC yang terhubung terinfeksi.

- Kecepatam modem lemot apalagi jika PC semakin banyak.

- Sistem keamanan


Jadi kesimpulan mudahnya membedakan Local Area Network dengan yang lain adalah wilayah cakupan geografi yang lebih kecil, juga tidak memerlukan jalur telekomunikasi yang harus disewa dari provider lain. memang tidaklah efektif jika menggunakan LAN untuk radius yang cukup besar karena memiliki beberapa kelemahan tapi sangat membantu jika digunakan hanya pada lingkup kecil seperti antar kamar, rumah. 


Topologi yang dipergunakan di Local Area Network (LAN) adalah berupa bus, cincin, bintang dan pohon. satu sama lain memiliki tersendiri seperti bintang dan pohon berfungsi merupakan bagian yang pasif di mana tempat terhubung.


Memang berbagai jenis jaringan selain Local Area Network (LAN) yaitu seperti Wide Area Network (WAN), MAN dll. Memiliki tingkat cakupan, Setiap perangkat jaringan pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan masih-masih tidak bisa dipungkiri bahkan dibanding-bandingkan yang terbaik. Semua ini tergantung dari kegunaan kamu seperti apa ketika di aplikasikan. Karena setia perangkat jaringan kegunaan masing-masing. Maupun Local Area Network memiliki cakupan kecil tapi sangat membantu mereka yang berada di cakup kecil dengan settingan yang mudah tanpa perlu biaya banyak.


Sudah paham bukan mengenai Local Area Network? Jadi intinya perbedaan paling mendasar adalah dari cakupan dan biasanya digunakan di rumah, kantor, sekolah,  kampus dan gedung yang tidak terlalu luas. Jika terjadi kerusakan akan sudah terdeteksi dan harus cek satu persatu untuk menemukan kesalahan yang terjadi pada perangkat jaringan local area network.


Baik sekian artikel dari kami mengenai Kelebihan, Kekurangan dan Pengertian Local Area Network (LAN) semoga dapat bermanfaat buat ingin belajar mengenai jaringan. Pastinya pelajari terlebih dahulu medan yang ingin kamu buat, rencanakan dengan baik lebih efekrif menggunakan perangkat jaringan mana. Agar tidak mengalami kesalahan pada pemasangannya karena tidak cocok dengan kebutuhan. Sampai jumpa pada artikel lainnya, jangan lupa  

Baca Juga : Contoh Hardware dan fungsinya lengkap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelebihan, Kekurangan dan Pengertian LAN"

Post a Comment